13 Tempat Wisata di Jakarta Pusat untuk Melepas Penat di Akhir Pekan

July 24, 2020
13 Tempat Wisata di Jakarta Pusat untuk Melepas Penat di Akhir Pekan
71
Views

Jakarta Pusat merupakan salah satu kota yang padat penduduk. Ditambah dengan kondisi daerah yang semakin padat dengan banyaknya perumahan serta gedung-gedung pencakar langit yang bertebaran di sepanjang jalan, membuat temperatur di Jakarta Pusat menjadi semakin panas. Namun, meski begitu hal ini tidak menghilangkan minat para turis untuk menengok dan bersenang-senang diberbagai tempat wisata di Jakarta Pusat. Memang betul Jakarta Pusat lebih identik dengan kota yang sudah maju dan modern, namun selalu ada yang membuat Jakarta menjadi kota yang sulit untuk dilupakan.

Banyak berbagai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Apa sajakah tempat-tempatnya? Andrew Hidayat KPK membahas berbagai macam objek wisata di Jakarta Pusat:

Monumen Nasional (Monas)

monas andrew hidayat KPKTentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat yang sangat populer ini. Monumen Nasional atau biasa disingkat Monas, adalah ikon dari kota Jakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Monas yang diresmikan pada 12 Juli 1975 ini merupakan sebuah tugu dengan tinggi 132 meter. Diujung atas tugu terdapat sebuah lidah api yang dibuat dari emas. Monas berlokasi di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Selain mengagumi Monumen Nasional, disini kamu bisa melakukan berbagai macam aktifitas antara lain; menikmati pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas, mengunjungi Museum Sejarah Nasional yang berisi 51 diorama, melihat berbagai relief sejarah Indonesia di sekitar monumen, serta jangan lupa untuk mendengarkan rekaman proklamasi dari Presiden pertama kita.

Disini kamu juga bisa berpiknik dan bersepeda. Jangan lupa untuk mecicipi wisata kuliner Jakarta Pusat –kerak telor, yang dijual disekitar monas.

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta Andrew Hidayat KPK“Tak lengkap rasanya jika ke Jakarta tidak mampir ke Koa Tua” ungkat Andrew Hidayat KPK. Kota Tua Jakarta merupakan salah satu tempat wisata Jakarta Pusat yang selalu tak pernah sepi pengunjung alias ramai dikunjungi para turis. Kota Tua Jakarta merupakan landmark Kota Jakarta yang memiliki pesona wisata yang bersejarah di Jakarta dan tentunya memberikan banyak pengetahuan. Kota Tua jugga sering dijadikan tempat untuk hunting foto bagi para fotografer. Siapakan kamera untuk membidik sudut-sudut Kota Tua Jakarta yang cantik.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Andrew Hidayat KPKJika kamu berkunjung ke Kota Tua Jakarta, Andrew Hidayat menyarankan mampir ke Museum Fatahillah. Museum ini adalah tempat terbaik untuk kamu yang suka sejarah. Di Museum Fatahillah kamu bisa mengeksplor dan mempelajari banyak hal tentang sejarah ibu kota Jakarta. Museum Fatahillah yang dibangun dengan gaya arsitektural neoklasik khas abad 17 ini dibangun pada tahun 1707.

Karena bangunan ini sudah tua, maka saat kamu masuk untuk berkeliling ke dalam museum ini, kamu akan diwajibkan untuk mengenakan sandal lunak berwarna jingga. Hal ini dikarenakan lantai Museum Fatahillah berasal dari abad ke-17 yang sudah rapuh dan jika kamu menggunakan sepatu, maka akan mengikis lantainya. Disini, kamu bisa menjumpai banyak koleksi sejarah yang mengisahkan asal-usul kota Batavia dengan jumlah beda bersejarah sekitar 23.500 benda.

Pasar Baru

Pasar Baru Andrew Hidayat KPKUntuk para cewek-cewek yang hobi belanja, pastikan untuk datang ke Pasar Baru. Salah satu pusat perbelanjaan di Jakrta Pusat ini berdiri sejak tahun 1820. Wow lama juga ya? Memang Pasar Baru adalah pusat perbelanjaan paling tua di Jakarta. Selain sebagai pusat perbelanjaan, tempat ini juga menjadi wisata Jakarta Pusat yang banyak dikunjungi oleh turis dari berbagai tempat.

Tentunya para turis ini datang ke Pasar Baru dengan tujuan belanja. Bangunan di Pasar Baru memiliki arsitektur seperti bangunan di Eropa dan China. Toko-toko di Pasar Baru menjual berbagai kebutuhan sandang seperti pakaian, tas, sepatu, kain, batik, jam tangan, kacamata dan juga menjual berbagai peralatan olahraga, peralatan salon, peralatan menjahit dan makanan.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tmii Andrew Hidayat KPKIndonesia yang memiliki banyak kebudayaan menjadi konsep dari TMII. Di TMII, kamu akan melihat miniatur yang merepresentasikann budaya dari seluruh 33 provinsi di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah jua merupakan tempat wisata di Jakarta Pusat yang cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Berbagai wahana menarik yang bisa kamu nikmati di Taman Mini Indonesia Indah adalahkereta gantung, kolam renang Snow Bay, taman Among Puro, taman Ria Atmaja, serta masih ada banyak wahana lain yang menarik. Selain wahana, TMII juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi yang cocok untuk anak sekolah.

Museum Gajah

Museum Gajah Andrew Hidayat KPKMuseum Gajah adalah sebuah museum nasional yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Mengapa disebut Museum Gajah? Karena di museum ini terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu. Patung gajah ini merupakan pemberian dari Raja Thailand dan diletakan di depan pintu museum. Koleksi apa saja yang ada di dalam Museum Gajah? Disini kamu bisa melihat koleksi langka mulai dari prasasti kuno, fosil tengkorak manusia dari jaman purba, koleksi alat musik tradisional dari seluruh penjuru Indonesia, peninggalan perhiasan kuno dan bahkan patung dan kerajinan keramik kuno.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Andrew Hidayat KPKMasjid Istiqlal terletak di Jakarta Pusat dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini sering dijadikan sebagai tempat ibadah untuk solat Idul Fitri bagi presiden dan jajaran petinggi negara. Masjid ini dapat menampung sekitar 200,000 orang. Masjid ini juga mempunyai menara setinggi 90 meter dan diameter kubah selebar 45 meter yang merupakan ikon dari tempat ibadah ini.

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda Andrew Hidayat KPKSesuai dengan namanya, museum yang terletak di Jalan Kramat Raya No. 106 adalah museum yang berhubungan dengan peristiwa Sumpah pemuda. Disini kamu akan menjumpai koleksi benda dan foto yang berkaitan erat dengan Sumpah Pemuda tahun 1928. Hampir 3000 barang dipajang di Museum Sumpah pemuda, yang juga merupakan wisata Jakarta Pusat sejarah yang wajib untuk dikunjungi.

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki Andrew Hidayat KPKJika kamu suka dengan seni dan budaya, Andrew Hidayat mewajibkan untuk berkunjung ke Taman Ismail Marzuki. Tempat wisata ini adalah wadah seni dan budaya di Jakarta. Taman ismail Marzuki berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Disini terdapat balai pameran, galeri, gedung arsip, bioskop, dan 6 teater modern. Di tempat ini kamu juga bisa mempelajari benda-benda langit di Planetarium atau belajar seni di Institut Kesenian Jakarta. Taman Ismail Marzuki selalu rutin menggelar berbagai macam acara pagelaran seni seperti pertunjukan wayang,tari, musik, lukisan, drama, film, dan puisi.

Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi Andrew Hidayat KPKTugu Proklamasi atau sering disebut senagai Tugu Petir merupakan simbol dari peringatan proklamasi kemerdekaan negara kita. Tugu Proklamasi terletak di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Disini, pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti Andrew Hidayat KPKMuseum Taman Prasasti dulunya merupakan sebuah kuburan. Museum yang terletak di Jalan Tanah Abang No. 1 Jakarta Pusat ini adalah sebuah peninggalan Belanda yang terkesan angker dan menakutkan. Namun justru itulah yang menjadikan daya tarik dari taman wisata di jakarta pusat yang satu ini. Sudah banyak sekali orang yang berfoto-foto di sini karena suasana mistis dan mencekam tersebut.

Karena dulunya bekas kuburan,maka jangan heran jika museum ini mempunyai koleksi yang bikin merinding berupa nisan, kereta jenazah, miniatur makam dan juga prasasti. Bagi penyuka sejarah, tempat wisata Jakarta Pusat ini jangan sampai dilewatkan.

Pecenongan

Pecenongan Andrew Hidayat KPKSekarang mari kita beralih ke wisata kuliner Jakarta Pusat. Di Jalan Pecenongan Jakarta Pusat, tempat ini memang sudah menjadi pusat wisata kuliner malam hari. Tidak usah bingung mau makan apa karena semua tersedia disini. Deretan tenda di sisi kiri dan kanan jalan yang menjual berbagai jenis masakan yang menggiurkan. Kamu bisa memilih mulai hidangan ayam atau daging, nasi goreng, seafood, martabak asin dan manis, berbagai macam sayuram babi, bebagai macam es, bubur ayam, hingga babi juga, lho! Kawasan wisata kuliner Pecenongan ini mulai buka dimalam hari, tepatnya sekitar pukul 6 sore hingga pukul 2 dini hari. Tiga hidangan yang paling terkenal di wisata kuliner Pecenongan adalah seafood, babi, dan juga martabak. Kawasan wisata kuliner Peceningan juga menjadi awal mula berdirinya warung tenda di tempat lain.

Itu dia 13 tempat wisata di Jakarta Pusat yang direkomendasikan Andrew Hidayat untuk kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke Jakarta. Tunggu apalagi? Ayo segera kesini!

Article Categories:
Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The maximum upload file size: 50 MB.
You can upload: image.
Links to YouTube, Facebook, Twitter and other services inserted in the comment text will be automatically embedded.